Beranda  |  e-Library  |  e-Learning  |  e-Journal  |  Webmail  |   Kontak

Visi dan Misi



I. VISI PROGRAM STUDI

“Menjadi Program Studi yang memiliki Keunggulan dibidang Ilmu Perpustakaan dan Bisnis Informasi berbasis Teknologi yang Berwawasan Global pada Tahun 2030”. 

 

II. MISI PROGRAM STUDI

1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran ilmu perpustakaan dan bisnis informasi berstandar nasional dan internasional yang profesional.

2. Menyelenggarakan penelitian yang mampu mengembangkan ilmu perpustakaan dan informasi, teknologi dan seni sesuai tuntutan perubahan zaman.

3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat yang bermanfaat untuk penyelesaian problema perpustakaan dan teknologi informasi perpustakaan di masyarakat.

 

III. BIDANG KEILMUAN PROGRAM STUDI (BODY OF KNOWLEDGE)

 

Bidang keilmuan Program Studi Ilmu Perpustakaan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Wijaya Kusuma Surabaya sebagai berikut ini:

1. Pengelolaan Perpustakaan, Dokumentasi, Kearsipan dan Informasi

2. Manajerial

3. Edukasi, Komunikasi dan Sosial 

4. Teknologi Informasi di bidang Perpustakaan

5. Bisnis dan Jasa Informasi

6. Pengembangan Profesi dan Kepribadian

7. Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat

 

IV. TUJUAN PROGRAM STUDI

1. Menghasilkan lulusan bidang ilmu perpustakaan dan bisnis informasi berstandar nasional dan internasional yang profesional.

2. Menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan melakukan penelitian yang aplikatif dan mampu mengembangkan ilmu perpustakaan dan informasi, teknologi dan seni sesuai tuntutan perubahan zaman.

3. Menghasilkan lulusan yang memiliki profesionalitas yang bermanfaat untuk penyelesaian problema perpustakaan dan teknologi informasi perpustakaan di masyarakat.

V. SASARAN PROGRAM STUDI

 

Sasaran strategis program studi dinyatakan dalam Rencana Strategis (Renstra) Program Studi tahun 2016-2020, sedangkan tahap pencapaian sasaran dinyatakan dalam Rencana Operasional (Renop) Program Studi yang disusun setiap tahun akademik. Isu strategis dan sasaran strategis Program Studi Ilmu Perpustakaan Tahun 2016-2020 adalah sebagai berikut:

 

1. Meningkatkan image baik Program Studi Ilmu Perpustakaan di masyarakat, maka sasaran strategis pencapaian sebagai berikut:

a. Meningkatkan status akreditasi program studi.

b. Merekonstruksi kurikulum Ilmu Perpustakaan berbasis KKNI dan profil lulusan menurut Kurikulum Nasional Untuk Ilmu Perpustakaan dan Informasi di Indonesia sesuai dengan hasil ASPIKA dan APTIPI.

c. Meningkatkan suasana akademik yang kondusif di kampus yang mendukung proses pembelajaran.

d. Menjalin komunikasi secara rutin antara program studi dengan stakeholder dan alumni.

 

2. Meningkatkan kualitas (indeks prestasi) dan kuantitas (lulus masa studi tepat waktu) lulusan, maka sasaran strategis pencapaian sebagai berikut:

a. Meningkatkan kualitas proses pembelajaran.

b. Meningkatkan intensitas penguasaan bahasa asing terutama bahasa Inggris dan penguasaan teknologi informasi bagi mahasiswa dan tenaga pengajar.

c. Menetapkan standar kompetensi lulusan.

 

3. Meningkatkan kualitas dan kuantitas sumber daya manusia dan infrastruktur, maka sasaran strategis pencapaian sebagai berikut:

a. Merencanakan, mengembangkan karier (melalui studi lanjut S3, short course, lesson study dan workshop) dan menambah jumlah staf dan 2 orang dosen sebagai pengganti dosen yang pensiun. 

b. Membangun semangat kerja dan etos kerja yang baik.

c. Mengupayakan dosen sarjana ilmu perpustakaan UWKS bergelar doktor.

d. Mengupayakan agar dosen memiliki sertifikat pendidik.

 

4. Meningkatkan kuantitas dan kualitas penelitian dan pengabdian masyarakat oleh dosen, maka sasaran strategis pencapaian sebagai berikut:

a. Meningkatkan kuantitas, kualitas dan relevansi pelaksanaan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

b. Mengoptimalisasi peran lembaga penelitian dan pengabdian kepada masyarakat universitas.

 

5. Mengembangkan budaya akademik di kampus, maka sasaran strategis pencapaian sebagai berikut:

a. Meningkatkan kedisiplinan, kualitas kerja, dan profesionalisme staf dan dosen.

b. Meningkatkan produktivitas dosen dan mahasiswa dalam menulis dan publikasi karya ilmiah.

c. Mengoptimalkan pelaksanaan penjaminan mutu bidang tata pamong, pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat oleh dosen, staf, dan mahasiswa.

 

6. Meningkatkan kerjasama dan jejaring dengan pihak eksternal, maka sasaran strategis pencapaian sebagai berikut:

a. Mengadakan dan mengembangkan kerjasama (MoA) ke berbagai instansi dan perpustakaan di Jawa dan Bali yang diikuti oleh mahasiswa dan dosen setiap tahun.

b. Memperluas wilayah PKL (Praktek Kerja Lapangan) dan kuliah lapangan bagi mahasiswa. 

c. Mengadakan kuliah tamu, kuliah umum, diskusi dan kegiatan akademik lainnya dengan mengundang narasumber dari pihak organisasi bidang perpustakaan (IPI, ISIPII, ASPIKA, APTIPI, FPPTI, dan sejenisnya), dari berbagai instansi, perpustakaan nasional, perguruan tinggi, sekolah baik negeri maupun swasta.

 

7. Meningkatkan kegiatan kemahasiswaan dan peran alumni, maka sasaran strategis pencapaian sebagai berikut:

a. Mengikutsertakan mahasiswa untuk aktif dalam kegiatan HMPII (Himpunan Mahasiswa Program Studi Ilmu Perpustakaan dan Informasi Indonesia).

b. Memotivasi mahasiswa untuk aktif dalam kegiatan mahasiswa maupun kepengurusan di tingkat jurusan, fakultas maupun universitas. 

c. Kegiatan akademik maupun non akademik seperti bakti sosial, kunjungan ke taman bacaan masyarakat, atau kegiatan lainnya dengan melibatkan peran alumni sebagai narasumber, motivator dan jejaring informasi.

 

8. Meningkatkan penggunaan sistem informasi manajemen, maka sasaran strategis pencapaian sebagai berikut:

a. Melaksanakan program peningkatan mutu dan relevansi pembelajaran berbasis teknologi informasi (e-learning) untuk seluruh mata kuliah secara bertahap.

b. Mengoptimalkan penggunaan sistem informasi akademik, administrasi, pembelajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat, registrasi mahasiswa baru, serta perpustakaan oleh dosen, staf dan mahasiswa.

c. Memanfaatkan, mengembangkan dan memperbarui situs program studi ilmu perpustakaan.